SMK Harapan Bangsa Ulubelu

Jl. Raya Ulubelu Pekon Datarajan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus

SMK BISA

Penyulutan Api Unggun Desa Ngarip HaPram ke-57 Tahun 2018

Selasa, 14 Agustus 2018 ~ Oleh ICT SMK Harapan Bangsa ~ Dilihat 864 Kali

API UNGGUN - Pada acara perkemahan salah satu kegiatan yang sangat di tunggu-tunggu oleh peserta perkemahan adalah kegiatan api unggun. Tanpa adanya kegiatan api unggun, kegiatan perkemahan akan terasa kurang semangat.

Berikut ada beberapa makna yang bisa diambil ketika mengikuti acara api unggun disebuah perkemahan:

  1. Mendapatkan kehangatan
    Tidak bisa dipungkiri, ketika berkemah suasana di bumi perkemahan sangat dingin, apalagi berkemah di daerah Ulu Belu sangatlah dingin. Dengan adanya api unggun para peserta Pramuka akan mendapatkan kehangatan.

  2. Menimbulkan semangat ada kobaran api
    Kegiatan api unggun dilaksanakan pada malam terakhir kegiatan berkemah, dimana sebagian peserta ada yang merasa lelah, letih, ingin pulang cepat, jenuh dan lain sebagainya. Nah disini api unggun adalah solusi meningkatkan rasa semangat kembali, karena api unggun melambangkan kobaran semangat yang membara seakan tidak boleh padam, begitu pula kepada peserta Pramuka semangat jangan sampai padam, itulah sebabnya di adakan menyulutan api unggun, dimulai upacara untuk memberi kesempatan kepada seluruh peserta untuk menghayati makna api unggun tersebut.

  3. Mencari kegembiraan
    Pada acara malam terakhir perkemahan suasana peserta yang telah merasa letih, sementara Pramuka harus selalu senang dan gembira, maka lagi-lagi api unggun menjawab permasalahan tersebut. Ketika penyulutan api unggun selesai dilanjutkan dengan atraksi, seni, baik menyanyi maupun keterampilan lainnya. Semua ini bertujuan untuk membuat semua peserta yang hadir merasa senang dan melupakan rasa lelah, letih, dan tidak suka mengeluh.

Dan dibawah ini dokumentasi pada acara api unggun di desa Ngarip kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus tepat pada hari Rabu, 13 Agustus 2018.

Penyalaan api unggun oleh pembina upacara kakak Irfan Suharto, S.Pd dan di dampingi oleh kakak Edi Suryanto, S.Pd. pada gambar dibawah :

1

Amanat pembina upacara menuturkan kepada seluruh peserta : Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan Pramuka Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode Kepramukaan untuk perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia khususnya Ulubelu di antaranya :

  1. Menjadi Jiwa Pramuka yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan.
  2. Menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Menjadi warga Negara Indonesia berjiwa Pancasila, Mengamalkan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka, setia dan patuh kepada NKRI sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan Bangsa dan Negara, khususnya di Ulubelu yang kita cintai ini.

Tujuan tersebut merukapan cita-cita Gerakan Pramuka yang ada di Ulubelu. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dan Gerakan Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut. Terlihat pada gambar dibawah ini :

Setelah di amanatkan kepada pembina upacara pada acara penyulutan api unggun, acara selanjutnya adalah dengan adanya pentas seni diantaranya Pentas seni malam api unggun SDN 3 Karangrejo pada gambar dibawah ini :

Tarian daerah oleh SDN 2 sukamaju ulubelu pada gambar dibawah ini :

Dan dilanjutkan dengan Pensi SMP Datarajan Joget Komando, dibawah binaan kakak Mastur dan kakak Febry Reddi Yudista, S.Pd.

2

Terlihat pada gambar diatas kobaran api yang bisa memberi kehangatan, semangat baru, rasa gembira dan Penulis mengharapkan seluruh peserta bisa menghayati makna api unggun tersebut kobaran semangat yang membara seakan tidak boleh padam.

 

Salam Pramuka !.

 

Documentation by : ICT YPP BIMA SAKTI

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT